Selamat datang di Kankemenag Kota Batu

Mari Tegakkan 5M

Persiapan Kelulusan, Kemenag Gelar Sosialisasi Penulisan Ijazah Madrasah

Kota Batu – Menjelang akhir tahun pelajaran 2020/2021, setiap pengelola madrasah bergegas mempersiapkan kelulusan siswa-siswinya. Tak terkecuali madrasah di Kota Batu, mulai jenjang Raudhatul Athfal hingga Madrasah Aliyah. Oleh karena itu, Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kota Batu melalui seksi Pendidikan Madrasah (Pendma) menggelar giat Sosialisasi Petunjuk Teknis Penulisan Blangko Ijazah Madrasah Tahun Pelajaran 2020/2021.

Kegiatan yang berlangsung di MI Miftahul Ulum ini dihadiri oleh 46 peserta dari jenjang Radhatul Athfal, Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah, dan Madrasah Aliyah pada Jumat pagi (4/6). Kasi Pendma Kankemenag Kota Batu Rohmatulloh memaparkan panduan penulisan ijazah berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam No. 1835 tahun 2021.

Dalam pemaparannya, Rohmatulloh menegaskan agar berhati-hati dalam proses penulisan blangko ijazah. “Blangko ijazah dalam penulisannya tidak ada kesalahan,” tegas Rohmatulloh. Lebih lanjut ia menghimbau agar penulisan blangko ijazah dapat sesegera mungkin dilakukan setelah menerima blangko ijazah dari kabupaten/kota. Usai disahkan kepala madrasah, selanjutnya ijazah dapat dibagikan kepada peserta didik yang berhak menerima.

Adapun penerbitan ijazah RA, MI, MTs, dan MA dilakukan oleh satuan pendidikan yang telah memiliki izin operasional. Sedangkan Surat Hasil Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (SHUAMBN) diterbitkan oleh madrasah penyelenggara UAMBN. Menutup pemaparannya, Kasi Pendma berharap setiap madrasah dapat mempersiapkan kelulusan siswa-siswinya dengan baik dan lancar, serta siap memfasilitasi kendala yang dihadapi madrasah. (din)



Komentar