Selamat datang di Kankemenag Kota Batu

Mari Tegakkan 5M

10 Siswi SMKN 1 Batu Lulus Uji Publik Program Tahfidz

 


Kota Batu – Kepala Seksi Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam (Kasi PAKIS) Kankemenag Kota Batu Tri Nugraha Basuki mengapresiasi kegiatan Uji Publik Program Tahfidz di SMKN 1 Batu. Hal ini disampaikan saat memberikan sambutan sekaligus menjadi penguji dalam rangkaian kegiatan tersebut pada Jumat (30/4).

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan ini, karena jarang sekali ada sekolah negeri yang bernuansa madrasah. Biasanya Ekstrakurikuler tahfidz hanya dijumpai di madrasah atau pondok pesantren, tapi ini beda, ada program tahfidz di SMK Negeri,” ujar Kasi PAKIS.

Uji Publik Program Tahfidz ini diikuti oleh sepuluh siswi yang telah siap diujikan hafalan Al-Qurannya. Kesepuluh siswi secara bergilir melanjutkan potongan ayat yang dibacakan oleh penguji. Mereka menjalani ujian dihadapan sivitas akademika dan disiarkan secara langsung melalui kanal Youtube sekolah.


Sementara itu perwakilan MUI Kota Batu sekaligus bertindak sebagai penguji Edong Sya’ban mengatakan, salah satu cara membangun karakter religi bangsa adalah dengan menumbuhkan minat dan semangat membaca Al-Quran. “Saya bangga ternyata pembangunan karakter religi terbangun baik di sini, semoga kegiatan ini akan terus berlanjut,” kata Edong.

Hal senada juga diungkapkan Kepala Sekolah SMKN 1 Batu Joko Santoso, siswa-siswinya datang ke SMK tidak hanya mengasah keterampilan, tetapi juga meningkatkan kemampuan dalam menghafal Al-Quran. Ia menjelaskan ekstrakurikuler Program Tahfidz ini telah berdiri sejak tahun 2017 hingga sekarang, dan saat ini beranggotakan 40 siswa-siswi dari berbagai jenjang kelas.


Mewakili Guru Pendidikan Agama Islam (GPAI) SMKN 1 Batu Siti Zulfa Rosidah berharap, kegiatan ini dapat menyeimbangkan kemampuan professional dan kemampuan religi siswa-siswi sehingga mampu mewujudkan masyarakat madani dan peradaban Islam yang jaya.

Kegiatan ini merupakan rangkaian acara Pesantren Ramadhan yang berlangsung sejak tanggal 26 April hingga 4 Mei 2021. Adapun para peserta berjumlah 350 siswa-siswi kelas sepuluh yang terbagi menjadi 11 shift, terdiri dari jurusan perhotelan, boga, busana dan kecantikan. Selain itu rangkaian kegiatan juga diisi dengan pembagian ta’jil gratis dan santunan dhuafa. (din)




Komentar