Selamat datang di Kankemenag Kota Batu

Mari Tegakkan 5M

Giat Khataman Al-Quran dan Kajian Ramadhan, Kasi Bimas Islam: Penyuluh Akan Mewarnai Kegiatan Ramadhan di 24 Desa

Kota Batu – Kepala Seksi Bimbingan Masyarakat Islam (Kasi Bimas Islam) Supriyadi mengatakan, pelaksanaan ibadah berjamaah di bulan Ramadhan diperbolehkan asal mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19 sesuai zonasi di lokasi masing-masing. Hal ini sesuai dengan Surat Edaran (SE) Menteri Agama No. 4 Tahun 2021 tentang panduan ibadah Ramadhan dan Idul Fitri 1442 H yang mengharuskan kapasitas jamaah di tempat ibadah maksimal 50% dengan zonasi selain orange dan merah.
“InsyaAllah penyuluh Kami yang tersebar di 24 desa se-Kota Batu akan mewarnai kegiatan Ramadhan 1442 H, yang sekaligus mengajak masyarakat dan ta’mir masjid untuk menerapkan protokol kesehatan 5M,” ujar Supriyadi saat membuka giat Khataman Al-Quran dan Kajian Ramadhan 1442 H di Masjid Gedhe Padang Mahsyar Kecamatan Bumiaji pada Rabu pagi (14/4).
Supriyadi berharap agar pandemi Covid-19 segera berakhir sehingga kegiatan masyarakat bisa pulih kembali. Oleh karena itu Ia menegaskan agar semuanya disiplin. Kedisiplinan merupakan bentuk pengendalian nafsu sebagaimana yang diajarkan oleh spirit Ramadhan. Kedisiplinan dalam penerapan protokol kesehatan menjadi ikhtiar bersama untuk menjaga kesehatan diri, keluarga, dan juga masyarakat.
Kegiatan yang diselenggarakan Kantor Kementerian Agama Kota Batu melalui seksi Bimas Islam dan Paguyuban Penyuluh Agama Islam tingkat Kecamatan se-Kota Batu ini merupakan rangkaian pertama yang sedianya akan dilaksanakan rutin setiap pekan ditiap kecamatan di Kota Batu. Pekan pertama dilaksanakan di Kecamatan Bumiaji, sedangkan pekan kedua akan dilaksanakan di Kecamatan Batu dan pekan ketiga di Kecamatan Junrejo. Supriyadi menambahkan kegiatan ini digelar di tingkat kecamatan agar semakin dekat menjangkau masyarakat serta sebagai upaya sosialisasi panduan ibadah Ramadhan dan Idul Fitri dari Kementerian Agama.
Selain Khataman Al-Quran dan Kajian Ramadhan, kegiatan juga diisi dengan pembagian doorprize bagi para Penyuluh Agama Islam yang hadir. Rangkaian diakhiri dengan pembagian bantuan sembako kepada warga sekitar yang membutuhkan. Bantuan diserahkan oleh perwakilan Penyuluh Agama Islam kepada perwakilan warga. (din)

Komentar