Selamat datang di Kankemenag Kota Batu

Mari Tegakkan 5M

Vaksinasi Calon Jamaah Haji, Kakankemenag: Yang Penting Jamaah Siap Tinggal Berangkat

Kota Batu – Kepala Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kota Batu Nawawi mengatakan, kegiatan vaksin calon jamaah haji dilakukan dalam rangka menyiapkan kebutuhan para jamaah di Arab Saudi. Hal ini disampaikan Nawawi saat meninjau pelaksanaan vaksin calon jamaah haji bersama Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umroh (Kasi PHU) di Museum Tubuh “Bagong” pada Senin pagi (29/3).
“Ini sebagai langkah persiapan jika sewaktu-waktu Pemerintah Arab Saudi membuka pelaksanaan ibadah haji, yang penting para jamaah sudah siap tinggal berangkat. Tapi tetap kita masih menunggu pengumuman resmi dari Pemerintah Arab Saudi,” ujar Nawawi. Nawawi menambahkan sebanyak 169 calon jamaah haji di Kota Batu ditargetkan selesai menjalani vaksinasi pada bulan April. Jumlah tersebut merupakan para calon jamaah yang telah melunasi pembayaran dan dijadwalkan berangkat tahun 2020. “Iya betul, calon jamaah haji yang sekarang divaksin ini yang telah melunasi dan siap berangkat di tahun 2020. Tapi kan tahun lalu ditunda, jadi kita siapkan sekarang,” tambahnya.
Selain itu Kakankemenag menegaskan, “Kementerian Agama menyiapkan tiga kondisi antisipasi. Pertama, jika Pemerintah Arab Saudi membuka kuota penuh, maka kita sudah siap semuanya. Kedua, kalau kuota terbatas, maka kita sudah menyiapkan kuota terbatas. Nah kalau ternyata Pemerintah Arab Saudi tidak membuka pelaksanaan haji, ya kita sudah menyiapkan mental para jamaah untuk menerimanya.”
Sementara itu Kasi PHU Ahmad Faiz menyatakan, pelaksanaan vaksinasi ini merupakan tindaklanjut surat resmi dari pemerintah pusat yang menginstruksikan prioritas vaksinasi untuk calon jamaah haji. “(Vaksinasi) Ini kan terkait persiapan kita secara keseluruhan untuk pemberangkatan haji, makanya kita terus berkomunikasi dengan dinas kesehatan untuk pelaksanaan vaksinasi dan alhamdulillah terjadwalkan hari ini,” pungkasnya.
Meskipun kewalahan karena membeludaknya kehadiran para peserta vaksinasi di waktu yang sama, seksi PHU dengan sigap memandu para jamaah mengikuti setiap alur vaksinasi, mulai dari penertiban antrian, pengisian data screening awal, hingga pencocokan data diri. Selain calon jamaah haji, para peserta vaksinasi di hari yang sama juga terdiri dari tokoh agama, para ta’mir masjid, dan pihak jatim park. (din)

Komentar