Selamat datang di Kankemenag Kota Batu

Mari Tegakkan 5M

Kunjungan Kerja Komisi D DPRD Kabupaten Sidoarjo Ke Kementerian Agama Kota Batu

Batu – Rombongan Komisi D DPRD Kabupaten Sidoarjo melaksanakan kunjungan kerja ke Kementerian Agama (Kemenag) Kota Batu pada Senin pagi (25/1). Bertempat di Aula Kantor Kemenag Kota Batu, sejumlah 16 orang hadir yang terdiri dari Ketua DPRD beserta Ketua Komisi D, para anggota, dan sekretariat DPRD. Rangkaian agenda diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, kemudian pembacaan doa yang dipimpin oleh Kepala Seksi (Kasi) Bimas Islam, Supriyadi.
Dalam sambutannya, Ketua DPRD Kabupaten Sidoarjo, Usman, menyampaikan maksud kedatangan yaitu pembahasan terkait dengan Sertifikasi Guru Pendidikan Agama Islam (PAI). Ia menekankan perlu adanya sinergitas agar tidak ada kesenjangan antara guru di bawah satuan kerja Dinas Pendidikan dan Kementerian Agama. Selain itu, Ia berharap melalui kunjungan kerja dapat menjadi bahan diskusi dan audiensi dengan pemangku kebijakan, serta rangkaian pembinaan para guru PAI dapat masuk dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah.
Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakankemenag) Kota Batu, Nawawi, menerima kunjungan kerja sekaligus menyampaikan pemaparan materi terkait Sertifikasi Guru PAI di Kota Batu. Kakankemenag menyebut kendala yang sering terjadi yakni penerimaan bantuan pemerintah kepada Pondok Pesantren (Ponpes) belum optimal. Oleh karena itu, Ia menegaskan perlunya Peraturan Daerah (Perda) sebagai payung hukum yang mengatur Ponpes. “Saya pikir Kota Batu ini jadi pionir Perda Ponpes,” tegas Kakankemenag. Perda tersebut membahas afirmasi atau pengakuan Ponpes, advokasi bantuan atau insentif bagi guru karyawan, serta rekognisi atau penghargaan guru PAI.
Mematuhi standar protokol kesehatan pencegahan Covid-19, agenda kunjungan kerja dilakukan secara singkat. Rangkaian agenda diakhiri dengan penyerahan cinderamata dari DPRD Kabupaten Sidoarjo ke Kemenag Kota Batu. Usai pertemuan, para peserta kunjungan kerja melakukan foto bersama di depan Kantor Kemenag Kota Batu didampingi Kakankemenag dan Kasi Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam. (humas)

Komentar