Selamat datang di Kankemenag Kota Batu

PTSP Kemenag Kota Batu

Madrasah di Kota Batu Terus Berbenah Dengan E-RKAM dan ARD




Hari ini Rabu (3/7) bertempat di Aula PTSP MAN Kota Batu di adakan Sosialisasi Aplikasi Rencana Kerja Anggaran Madrasah (E-RKAM) dan Aplikasi Rapor Digital (ARD) Tahun 2019. Aplikasi E-RKAM merupakan sistem informasi pengelolaan pendapatan dan belanja madrasah berbasis elektronik (online) yang digunakan untuk menyusun Rencana Kerja Anggaran Madrasah dimulai dari proses perencanaan anggaran sampai dengan proses penyerapan anggaran madrasah.

Sedangkan Aplikasi Rapor Digital (ARD) merupakan wujud implementasi dari Juknis Penilaian Hasil Belajar. Panduan pengerjaan Aplikasi Rapor Digital disusun menjadi dua jenis yaitu panduan untuk Guru dan panduan untuk Operator untuk masing-masing madrasah jenjang RA, MI, MTs, dan MA.

Dalam sambutannya Kepala Kantor Kementerian Agama Kota  Batu Nawawi menyampaikan kebijakan apapun di Kementerian Agama sudah berbasis IT sehingga mau tidak mau madrasah harus mengikuti. Informasi terkait E-RKAM maupun Rapor juga akan dapat diakses oleh seluruh publik.
ARD merupakan langkah inovasi agar lembaga Madrasah semakin kekinian sehingga kedepan Penilaian Hasil Belajar yang tertuang dalam ARD sudah dilakukan secara digital dan terintegrasi sebagaimana E-RKAM, ujarnya.

Acara ini di ikuti oleh Pengawas MI, MTs dan MA Kepala dan Operator Madrasah jenjang MI, MTs dan MA dengan narasumber Aplikasi E-RKAM Syamsul Huda S. Ag dan narasumber ARD adalah Helpdesk Nasional Suliyat, S. Pd., M. Si. (na10)

Komentar