Selasa, 14 Maret 2017

Koordinasi Peningkatan Mutu EMIS TPQ se Kecamatan Batu

Kota Batu (PAKIS) Seksi Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam Kantor Kementerian Kota Batu menyelenggarakan Koordinasi Peningkatan Mutu EMIS untuk lembaga TPQ yang dilaksanakan pada hari senin (13/03) bertempat di Baitur Nur Kelurahan Temas Kota Batu. Acara ini dilaksanakan dengan mengambil tempat di salah satu lembaga TPQ selain karena tempat yang digunakan lebih luas, juga dengan maksud untuk bisa bersilaturahmi ke lembaga TPQ yang dtempati gelaran acara tersebut.

Acara ini dibuka oleh Rohmatulloh, Seksi Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam Kantor Kementerian Kota Batu. Dengan menghadirkan 105 operator EMIS dari TPQ se Kecamatan Batu. Rohmatulloh dalam sambutannya menyampaikan bahwa perlunya validitas data yang diinformasikan dan diberikan kepada Kemenag selaku Instansi Pembina di TPQ.Acara dilanjutkan dengan Narasumber I, yakni Jamal, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Batu.Dalam awal materinya, Jamal memberikan pemahaman bagaimanakah kebijakan yang ada di Kemenag dalam hal TPQ, yang termaktub dalam bagian kebijakan yang luas di bidang Pendidikan Islam. Jamal juga menekankan fungsi nyata EMIS adalah untuk perencanaan program baik di tingkat pusat, propinsi dan kabupaten atau kota. Dengan laporan pendataan pendidikannya secara langsung dari data yang telah diinput secara online, maka bisa didapat sebuah informasi yang handal dan realtime sewaktu dibutuhkan.
Acara dilanjutkan dengan Narasumber II, yaitu Zuher Effendi, Kepala SeksiData dan sistem informasi pada BidangPontren Kantor Wilayah Kementerian Agama Kota Batu. Sebagai narasumber kedua dalam acara ini, beliau melanjutkan dengan penjelasan secara teknis pada pengisian form EMIS untuk semester genap pada tahun ajaran 2016/2017. Dengan banyaknya peserta yang terhitung baru menjadi operator EMIS, mereka menyimak secara seksama apa yang disampaikan. Walaupun TPQ sebagai lembaga non Formal, nampak semangat mereka terpancar untuk belajar mengisi EMIS secara benar. Hal ini dtandai dengan tidak segannya mereka untuk meminta penjelasan lebih ataupun meminta narasumber untuk mengulang apa yang sebelumnya disampaikan ketika ada yang kurang jelas bagi mereka (SID)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar