Jumat, 17 Februari 2017

Pembinaan Administrasi Perencana

Kota Batu (Setjen) Kamis, (16/2) bertempat di Aula Kantor Kementerian Agama Kota Batu, Subbag Tata Usaha melalui koordinasi JFT Perencana menyelenggarakan Pembinaan Administrasi Perencanaan, dengan substansi acara yaitu pemantapan program dan kegiatan tahun 2017. Acara ini dilaksanakan mulai pukul 09.00 WIB dengan mengundang 40 Peserta yang terdiri pegawai dari seluruh unit eselon I yang berada di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kota Batu beserta satker Madrasah dan KUA.

H. Jamal selaku Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Batu sekaligus sebagai narasumber dalam kegiatan ini menyampaikan bahwa perencanaan program dan kegiatan merupakan aspek penting dari suatu siklus pelaksanaan, karena dalam suatu perencanaan tersebut lebih memfokuskan kepada identifikasi terhadap sesuatu yang harus atau ingin dilakukan, kapan untuk dimulai dan kapan harus selesai disamping penetapan input, output, outcome dan benefit dari suatu program dan kegiatan.


Penjadwalan ini sangat membantu dalam hal pelaksanaan, monitoring kegiatan, dan evaluasi suatu program dan kegiatan. Dalam perencanaan suatu program dan kegiatan beberapa hal harus dipedomani yaitu identifikasi seluruh kegiatan yang direncanakan, prioritas program, penentuan detail kegiatan yang telah dirinci, penentuan durasi pelaksanaan, Jadwal kegiatan disesuaikan dengan penganggaran, serta evaluasi jadwal yang telah disusun.

Dari beberapa hal tersebut diatas, walaupun perencanaan program yang disusun terlihat baik dan rapi, dalam pelaksanaannya belum tentu demikian. Sebuah teamwork dari sebuah organisasi harus dapat memperkecil kendala-kendala maupun resiko yang datang baik dari dalam maupun dari luar organisasi.

Acara ini dilanjutkan dengan presentasi dan pemaparan DIPA serta program dan kegiatan dari masing-masing penanggung jawab yang terdiri dari Kasubbag, Kasi, Penyelenggara dan Kepala Madrasah. Pemaparan ini dilaksanakan di depan seluruh peserta kegiatan. (S.I.D)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar