Kamis, 09 Februari 2017

Kantor Kemenag Kota Batu Gelar Pengembangan Wawasan Islam Rahmatan Lil'alamin & Multikultural

Kota Batu (PAKIS). Bertempat di Aula Kantor Kementerian Agama Kota, seksi PAKIS Kemenag Kota Batu melaksanakan kegiatan Pengembangan Wawasan Multikultural Dan Islam Rahmatan Lilalamin bagi 50 Perwakilan Siswa SMA dan SMK se Kota Batu. Kegiatan ini digelar dalam upaya menguatkan pemahaman generasi muda tentang kerukunan dan kesatuan masyarakat sebagai salah satu pilar penyangga keutuhan bangsa dan menjadi kebutuhan penting dalam era keterbukaan informasi saat ini.
Koramil 0818/2 Kota Batu memberikan wawasan kebangsaan itu kepada sedikitnya 50 siswa-siswi SMA/SMK Se-Kota Batu, Rabu (8/2) pukul 10.00.Acara penguatan wawasan kebangsaan dan multikultular serta rahmatan lil alamin ini menghadirkan narasumber Kankemenag Kota Batu, MUI Kota Batu serta Danramil 0818/02 Kota Batu.
Kapten Caj Bambang Heryanto memaparkan tentang empat pilar kebangsaan. Yakni Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika.Dalam penjelasannya Indonesia mempunyai dasar negara yang sangat fundamental, yakni Pancasila. Dalam lima sila itu tertuang prinsip hidup bernegara yang harus dipegang masyarakat Indonesia.
Generasi muda bisa dikatakan memiliki jiwa yang mudah terpengaruh. Untuk itu sejak dini sudah harus mendasari hidupnya dengan keimanan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Termasuk memahami aturan bernegara dalam UUD 1945.
Bambang melanjutkan, penduduk Indonesia adalah campuran dari bermacam-macam suku. Masing-masing punya budaya yang berbeda. Sehingga menjadi sebuah komunitas yang sangat beragam.
Dengan bermacam-macam perbedaan dan keragaman tersebut, adalah sebuah kekuatan dengan pinsip Bhineka Tunggal Ika, berbeda-beda tetapi tetap satu.
"Mari kita jaga keutuhan NKRI dengan memadukan dan saling menghormati perbedaan," tutur Bambang.(SID)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar