Senin, 23 Mei 2016

Vihara Dhammadipa Arama Kota Batu Rayakan Waisak

Kota Batu (Humas) – Umat Buddha se Malang Raya merayakan Hari Raya Waisak 2560 BE/2016 di Vihara Dhammadipa Arama Desa Mojorejo Kecamatan Junrejo Kota Batu Minggu (22/5). Rangkaian perayaan ini dimulai pada pukul 03.00 dini hari dimana detik detik waisak tahun ini posisi bulan purnama tepat pukul 04.14.06 detik.

Selama menunggu detik detik waisak ratusan umat Buddha melakukan meditasi yang dipimpin oleh biksu. Pada pukul 10.30 WIB acara dilanjutkan dengan Pendapata yaitu dana makanan untuk para Bhikku dan pada pukul 13.00 dilanjutkan dengan Puja Bhakti Waisak yang disampaikan oleh Bhikku Jayamadho dengan judul Cinta Kasih Penjaga Dunia.

Pesan ini mengajak umat Buddha untuk mengembangkan cinta kasih dan welas asih dalam sanubari masing-masing. Karena penerapan cinta kasih dan welas asih dapat menjaga dunia dari kehancuran akibat kekerasan.

Berikut kutipan isi dari pesan waisak “Bila kita mengarungi dunia dengan pikiran, maka kita akan menemukan bahwa diri sendirilah yang paling dicintai. Karena tidak ada siapapun yang dicintai oleh seseorang selain dirinya sendiri, maka perhatikan dan hormatilah orang lain seperti kamu mencintai dirimu sendiri”.

Rangkaian acara ditutup dengan Pradaksina Puja Budaya yang diikuti oleh Bhikku, Sangha, Samanera, Pandit, Atthasilani dan umat Buddha se Malang Raya dan sekitarnya. Acara ini dilepas oleh KAPOLSEK Junrejo, DANRAMIL Junrejo dan Kepala Desa Mojorejo Kota Batu dengan rute Vihara Dhammadipa Arama –Jl. Soekarno – Jl. Mojowangi – Gang Pandan kembali ke Jl. Soekarno dan finish kembali di Graha Kertarajasa.

Menurut Suwono penyuluh agama Buddha dalam hal ini mewakili Kantor Kementerian Agama Kota Batu, acara ini menarik perhatian warga sekitar karena dimeriahkan oleh Grup Drum Band SMP Muhammadiyah 6 Dau Malang, Barongsai dari TITD Eng Ang Liong Malang dan Grup Singa- Siagaan dari Junrejo Batu. (EL)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar