Senin, 04 April 2016

Pembinaan Administrasi Akrual di Lingkungan Kemenag Batu

Kota Batu (Humas) – Bertempat di aula Kankemenag Kota Batu, Kepala KanKemenag Kota Batu Jamal membuka kegiatan pembinaan administrasi akrual bagi pengelola anggaran pada Senin(4/4). Kegiatan yang dilaksanakan Sub Bagian Tata Usaha ini diikuti oleh seluruh pengelola anggaran terdiri dari PPK, bendahara pengeluaran, staf pengelola keuangan dari seluruh satker di Kota Batu.

Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa pelaporan akuntabilitas keuangan sangat penting dalam menentukan kualitas kinerja instansi. Beberapa tahun terakhir Kementerian Agama mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Kementerian Keuangan terkait pelaporan keuangan. Hal ini merupakan sesuatu yang membanggakan dan harus ditingkatkan. Dalam pelaksanaannya membutuhkan kerja sama dan kerja keras dari seluruh tim di KanKemenag Kota Batu.

“Sejak tahun 2015 Menteri Agama menginstruksikan penggunaan pelaporan berbasis akrual, akan tetapi belum semua pengelola anggaran mengerti dan menguasai tentang apa dan bagaimana pelaporan berbasis akrual. Untuk itu pembinaan ini harus dilaksanakan agar semua mengetahui, memahami dan mampu melaksanakan”, ungkapnya.


Sementara itu Kepala Sub Bagian Tata Usaha Mukhlis selaku Ketua Panitia dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada seluruh pengelola anggaran baik di satker KanKemenag Kota Batu maupun madrasah, diharapkan setelah kegiatan ini seluruh satker dapat melaksanakan pelaporan berbasis akrual. Adapun narasumber dari kegiatan ini yaitu Hafid Junaidi, JFU Penyusun Laporan Keuangan KanKemenag Kota Batu dengan materi Teknis Penatausahaan Dokumen Pendukung Akuntansi Akrual.(El)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar