Selasa, 12 April 2016

Akreditasi KBIH Kota Batu

Kota Batu (PHU) – Dalam rangka meningkatkan mutu pelayanan Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH), Kantor Kementerian Agama Kota Batu melakukan akreditasi terhadap dua KBIH yang ada di Kota Batu pada Selasa (12/4).

Tim KanKemenag Kota Batu yang terdiri dari Kepala KanKemenag, Kasi PHU dan JFU pada Seksi PHU melaksanakan visitasi sekaligus akreditasi pada kedua KBIH tersebut, baik Al-Ikhlas maupun Nurut Taqwa. Kegiatan ini merupakan bagian dari proses perpanjangan izin operasional KBIH, dimana KBIH yang mengajukan perpanjangan izin operasional harus diakreditasi. Dalam hal ini, Tim Kankemenag melakukan evaluasi terhadap sejauh mana kesiapan masing-masing KBIH dalam rangka memberikan pelayanan bimbingan kepada calon jamaah haji, baik dari aspek kesekretariatan, kurikulum, bimbingan, kelembagaan, ketenagaan dan bahkan sarana prasarana.

Kepala KanKemenag Kota Batu Jamal menyampaikan bahwa tujuan akreditasi ini tidak lain adalah untuk mendorong KBIH menjadi amanah dan profesional dalam melaksanakan fungsinya sebagai lembaga bimbingan bagi calaon jamaah haji.

”Tim Kankemenag, dalam hal ini, akan lebih pada upaya memberikan arahan dan pembinaan agar KBIH menjadi lebih profesional dan dapat memenuhi prasyarat yang ditentukan, untuk kemudian direkomendasikan dalam proses perpanjangan izin operasional KBIH itu” ungkapnya.

Sedangkan Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh (PHU) Achmad Faiz mengungkapkan langkah-langkah ini dilaksanakan dalam rangka mengantisipasi munculnya berbagai keluhan jamaah yang yang dimungkinkan terjadi.(el)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar