Jumat, 29 Mei 2015

Pembinaan Penyelenggaraan Hisab Rukyat

Kota Batu (Syariah) – Menyambut datangnya bulan Ramadhan 1436 H, Kantor Kementerian Agama Kota Batu melalui Penyelenggara Syariah melaksanakan Pembinaan Hisab Rukyat di Ruang Pertemuan KUA Kecamatan Bumiaji Kota Batu pada hari Kamis tanggal 28 Mei 2015. Kegiatan ini diikuti oleh 22 orang muhasib dari unsur Badan Hisab Rukyat (BHR) Kota Batu, Ormas Islam : Nahdhatul Ulama, Muhammadiyah, Al-Irsyad, HTI, LDII dan Hidayatullah.

Penyelenggara Syariah Kemenag Kota Batu, Achmad Faiz, S.Ag, M.HI dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memberikan wawasan kepada segenap penggiat Hisab Rukyat tentang penentuan awal bulan Ramadhan 1436 H. Beliau juga mensosialisasikan tentang Rosydul Qiblah, dimana pada hari Kamis tanggal 28 Mei 2015, tepatnya pukul 16.18 WIB bertepatan dengan posisi matahari yang berada tepat di atas Ka’bah, yang itu juga bisa dijadikan acuan untuk penentuan arah kiblat.

Narasumber dari kegiatan ini adalah Saiful Hikmah, S.Ag yang merupakan tim ahli hisab rukyat Prov. Jawa Timur yang juga merupakan kepala KUA Kecamatan Bumiaji. Materi yang disampaikan tentang penentuan awal bulan Ramadhan menggunakan metode ephimiris yang kemudian diaplikasikan dengan menggunakan Microsoft Excel. (El)

1 komentar: