Selasa, 02 Februari 2010

SEMARAK DZULHIJJAH 1430 H

Dalam rangka menyambut dan memeriahkan datangnya hari raya Idul Adha pada Dzulhijjah 1430 H, Kandepag Kota Batu menyelenggarakan kegiatan lomba takbir berlampion yang diselenggarakan pada hari Kamis, 26 Nopember 2009 muali jam 19.00 WIB. Lomba yang dibuka secara resmi oleh Drs. Moh. Hasin,M.Ag (Kakandepag Kota Batu) dengan ditandai pengibaran bendera start peserta pertama itu diikuti oleh 60 regu dari perwakilan Madin, TPQ dan Ponpes Se-Kota Batu yang masing-masing regu terdiri dari 20 orang peserta. Masyarakat kota batu sangat antusias dengan kegiatan ini terbukti dengan banyaknya penonton yang berjubel di sepanjang rute yang dilewati sepanjang 3 KM dengan mengambil start di Halaman Kandepag Kota Batu, Jl. Agussalim, Jl. Diran, Jl. Diponegoro, Jl. Gajahmada, dan finish di Alun-alun Kota Batu.

Sesampai di finish para peserta disambut oleh Walikota beserta jajaran Muspida, Ketua DPRD, Ketua MUI dan Pejabat Kandepag Kota Batu dipanggung kehormatan untuk bersama-sama melantunkan Takbir dimalam itu, tak pelak Alunan Gema Takbir membahana di seantero Kota Wisata Batu, kelap-kelip Lampion pun ikut menghiasi jalan-jalan utama Kota Apel ini. Dukungan dari berbagai instansi dan Ormas Islam menjadikan acara ini berjalan dengan tertib dan lancar. Terpilih sebagai penampil terbaik I di raih oleh TPQ Al-Falah – Temas Batu, terbaik II TPQ Hidayatus Shibyan – Oro-oro Ombo – Kec. Batu dan terbaik III TPQ At-Taubah – Beji – Kecamatan Junrejo. Para penampil terbaik diberikan Throphy, uang pembinaan dan 1 ekor kambing sebagai hewan Qurban untuk dibagikan kepada masyarakat sekitarnya.

Selanjutnya pada Ahad (29/11) dilaksanakan acara penyembelihan dan pembagian hewan qurban berupa daging kambing sebanyak 11 ekor kambing yang dilaksanakan di Dusun Brau Desa Gunungsari Kecamatan Bumiaji. Sebelum pelaksanaan penyembelihan hewan qurban diadakan acara silaturrahim antara keluarga besar kandepag. dengan tokoh masyarakat dusun brau yang dilaksanakan dimasjid setempat. Dalam waktu yang bersamaan juga dilaksanakan cerita anak islami kepada santri/santriwati TPQ setempat oleh para penyuluh agama islam kandepag. Kota Batu dan pemutaran film kisah dalam Qur’an dan Hadits. ( Jazzy )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar